Kesenian

Contoh Kerajinan Bahan Keras

Bagi Anda yang pengen tahu gimana cara membuat dan contoh kerajinan dari bahan keras dan hasil kerajinan apa saja yang bisa dibuat dari bahan keras ini. Simak ulasan berikut ini.

Kerajinan dari bahan keras adalah kerajinan yang bahan bakunya berasal dari bahan alami dan memiliki tekstur yang keras.

Contohnya seperti dari bahan kayu, bambu, rotan, batu, kerang, tulang, biji-bijian, pasir dan juga bahan keras buatan.

Dimana bahan keras buatan tersebut yakni kerajinan yang bahan bakunya telah diolah. Sehingga bahan ini nantinya akan diolah kembali supaya menjadi keras dan dapat digunakan lagi untuk menghasilkan kerajinan tangan.

Contohnya seperti kaca, kalung, timah, logam, kawat, semen dan besi.

Hasil Contoh Kerajinan Tangan Bahan Keras

1. Kerajinan dari Logam

Logam memiliki sifat yang keras, sehingga mengakibatkan dalam mengolahnya diperlukan teknik yang dapat dibilang rumit sebab wajib ada tahapan pemanasan maupun pembakaran.

Biasanya bahan logam yang dipakai yaitu besi, perak, perunggu, emas dan masih ada banyak lagi lainnya. Sementara teknik yang dipakai yakni boleh menggunakan cor ataupun ukiran.

Sehingga untuk hasil dari kerajinan tangan bahan logam ini kerap kali digunakan sebagai aksesoris maupun perhiasan. Selain itu, juga menghasilkan gelas, wadah bahkan dijadikan pula sebagai simbol kejuaraan dalam sebuah perlombaan.

2. Contoh Kerajinan Bahan Keras dari Kayu

Kayu adalah salah satu bahan yang paling sering dipakai dalam menghasilkan sebuah kerajinan tangan dengan memakai teknik ukir.

Untuk bahan yang biasanya dibuat yaitu kayu jati, kayu mahoni, kayu watu, kayu mangga dan lainnya. Biasanya hasil kerajinan tangan dari bahan kayu ini adalah berupa benda-benda seperti lemari, pintu, meja dan banyak lagi lainnya.

Akan tetapi, sekarang juga dapat dipakai sebagai benda hias dan juga pernak-pernik yang lain.

3. Kerajinan dari Bahan Bambu

Bahan ini sering dipakai dalam menghasilkan kerajinan tangan dengan mempunyai nilai fungsi. Sedangkan untuk teknik yang dipakai untuk menghasilkan kerajinan tangan yang berasal dari bambu yakni teknik anyam dan tempel.

Untuk hasil dari kerajinan tangan ini boleh berupa kebutuhan alat rumah tangga maupun hiasan lainnya.

4. Kerajinan dari Bahan Rotan

Untuk kerajinan tangan dari bahan rotan ini mempunyai kualitas nilai yang cukup bagus dan terdapat nilai fungsi. Contohnya seperti hasil kerajinan tangan dari kayu, sehingga dari bahan rotan juga bisa dibuat untuk meja, lemari, kursi dan masih banyak lagi lainnya.

Biasanya teknik yang digunakan untuk pembuatan kerajinan berbahan rotan ini yaitu teknik anyaman.

5. Kerajinan dari Bahan Batu

Selain kayu dan rotan, yang bisa Anda temukan di alam yakni bebatuan. Anda dapat menemukan berbagai macam batu unik di pulau Kalimantan.

Sehingga untuk hasil kerajinan tangan dari batu ini biasanya memakai teknik pahat dan ukir. Mengenai fungsi dari kerajinan tangan berbahan dasar yakni dipakai sebagai hiasan interior maupun eksterior.

Disamping itu hasil dari kerajinan ini pun bisa digunakan dalam pembuatan aksesoris pada busana atau benda yang lainnya.

6. Kerajinan dari Bahan Kaca Serat

Kaca serat ini merupakan kaca cair yang sudah diolah menjadi bentuk yang tipis seperti serat. Serat ini bisa diolah menjadi benang dan bahan tenun dengan hasilnya berupa kain.

Ada pula yang serat tipis diolah kembali sampai menghasilkan bahan yang lebih kuat dan bisa bertahan apabila terjadi korosi.

Dalam kerajinan dari bahan kaca, juga memerlukan campuran seperti cairan resin, talk, katalis dan masih banyak lagi.

7. Contoh Kerajinan Bahan Keras dari Kaleng

Bahan dari kaleng adalah bahan keras buatan, dimana sudah diolah namun bisa diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Dengan memanfaatkan bahan dari kaleng juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan.

Bahan dari kaleng ini sendiri dapat menghasilkan sebuah kerajinan tangan dengan mempunyai nilai jual berupa tempat lilin, pegangan mini, alat lukis, ornamen lampu lilin, tempat sendok garpu, lonceng angina, kompor mini, kap lampu, jam klasik dan masih banyak lagi.

Itulah sedikit penjelasan mengenai contoh kerajinan dari bahan keras yang dapat kami bagikan. Gimana, sangat menarik bukan?  Semoga apa yang kami jelaskan ini bisa bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Leave a Comment